Jumat, 08 Mei 2015

MENEJEMEN PASIVA BANK



Pengertian Manajemen Pasiva
 
·         Manajemen dana bank adalah suatu kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian terhadap penghimpunan dana yang didapat dari masyarakat untuk disalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman sesuai dengan definisi bank.
·         Manajemen pasiva adalah suatu proses dimana bank berusaha mengembangkan sumber dana yang ada melalui pinjaman di pasar uang atau dengan mengeluarkan instrumen surat utang untuk memenuhi permintaan kredit dan dana simpanan dari masyarakat.

·         Pendekatan manajemen pasiva pada bank berkaitan erat dengan dengan sisi penggunaannya yaitu di sisi aset. tidak dipisahkan dari mana sumber dana itu dan mengoptimalkannya untuk mendapatkan keuntungan.
Tujuan Manajemen Pasiva 

Untuk mengkoordinasikan, merencanakan setiap aset yang dimilki oleh  bank secara rutin dengan maksud untuk memaksimalkan laba / keuntungan bagi bank yang mana laba tersebut akan dibagikan kepada nasabah dan pemegang saham, untuk memberikan kenyamanan nasabah dan pemegang saham dari sisi liquiditas.

Sumber – Sumber Dana Pihak Kesatu, Kedua, dan Ketiga

·         Dana Pihak Kesatu : Pemegang Saham/ Pemilik, Laba Bank
Bank akan selalu berusaha meningkatkan dana sendiri ini karena selain untuk memenuhi     kewajiban juga untuk  menyediakan modal minimum
·         Rincian sumber dana yang bersumber dari bank itu sendiri adalah :
1. Setoran modal dari pemegang saham
2. Cadangan laba
3. Laba bank yang belum dibagikan

 
·         Dana Pihak Kedua :  ialah dana yang berasal dari luar bank (pasar uang) baik berupa rupiah ataupun valuta asing, berupa pinjaman.
         a. pinjaman BI à karena mengalami likuditas
          b. pinjaman dari bank lain  di dlm negerià interbank call money
         c. repurchase agreement / “rips” à jual beli surat berharga pada waktu tertentu dgn harga  yang ditetapkan di muka/ wa’d
 
         d. Fasilitas Diskonto : Penyediaan dana jangka pendek oleh bank Indonesia dgn cara pembelian promes yang diterbitkan oleh bank bank atas dasar diskonto
         e. Pinjaman dari bank (antarbank) dan atau LK di LN umumnya bersifat janka menengah atau panjang (melalui persetujuan BI karena berkaitan dgn kebijakan moneter)
         f. Pinjaman dr LKBB à berupa surat berharga
         g. Obligasi dan saham
·         dana pihak ketiga berasal dari masyarakata berupa giro, tabungan, deposito berjangka, setoran jaminan serta kewajiban lainnya.
·         Adapun dana bank yang bersumber dari pihak ketiga adalah  sumber dana yang berasal dari masyarakat baik perorangan maupun badan usahayang diperoleh dari produk simpanan. Dana ini juga merupakan ukuran keberhasilan bank.
·         Ada tiga macam jenis simpanan :
1. Simpanan giro
2. Simpanan tabungan
3. Simpanan deposito 

Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Sumber Dana Bank 
·         Liquiditas Bank
Mempunyai peranan penting dalam keberhasilan pengelolaan bank yang diperlukan untuk :
1.Pemenuhan cadangan wajib minimum yang ditetapkan BI
2.Penarikan dana oleh deposan
3.Pembayaran kewajiban yang jatuh tempo

·         Manajemen kredit
Yang dimaksud adalah pemberian fasilitas pinjaman berdasarkan prinsip syariah berupa tunai maupun non tunai
·         Manajemen pasiva dan aktiva
Merupakan badan atau komite yang melaksanakan tugas pengelolaan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar